Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Seputar Data Pribadi

bebas diakses oleh non member & member

Pelamar kerja pemula atau fresh graduate sangat awam dalam persiapan untuk menghadapi wawancara kerja pertama mereka. Kali ini cv unik akan membantu fresh graduate dalam mempersiapkan diri mereka guna menghadapi wawancara. Berikut ini adalah bagaimana cara menjawab pertanyaan seputar pribadi Anda.

Pribadi Anda sering kali dipertanyakan oleh pihak atau tim perekrut sebagai percakapan pembuka. Kemudian, hal ini dimaksud untuk membuat suasana menjadi rileks ketika wawancara kerja berlangsung. Ini adalah momen penting bagi setiap kandidat, termasuk Anda, sebab pihak pewawancara akan menilai antusiasme Anda dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Semakin antusias Anda maka semakin menarik diri Anda dimata tim perekrut.

1. Silahkan perkenalkan diri Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini gunakan klue sebagai berikut:
Perkenalkan nama Anda, nama panggilan dan nama lengkap Anda. Ceritakan latar belakang pendidikan Anda, status pekerjaan dan riwayat pekerjaan Anda.
Berikut contoh jawaban dari Kandidat: “Saya Jemy Vardy, nama lengkap saya Muhammad Jemy Vardy. Saya alumni dari Universitas Komputer Surabaya Jurusan Sistem Informasi. Saat ini saya sedang tidak bekerja di Perusahaan manapun. Sebelum melamar kerja disini, saya bekerja sebagai system analis di PT Titaka sejak Juli 2013 hingga Januari 2018.”

2. Bisakah Anda utarakan alasan memilih jurusan Sistem Informasi?
Untuk menjawab pertanyaan ini silahkan ceritakan alasan dan latar belakang dari minat Anda memilih jurusan tersebut. Berikut contoh jawaban dari Kandidat: “Saya menyukai komputer sejak SMA. Saya memilih jurusan Sistem Informasi agar pengetahuan dan wawasan saya bertambah dan mendalam.”

3. Siapa yang membiayai kuliah Anda?
Ceritakan dari mana Anda mendapat dana untuk biaya kuliah. Umumnya sumber dana untuk membiayai kuliah adalah dari orang tua, saudara atau keluarga dan dari Anda sendiri / gaji dari hasil Anda bekerja.
Berikut contoh jawaban dari Kandidat: “Orang tua yang membiayai saya berkuliah. Namun, saya bekerja partime di kafe dekat rumah saya sebagai usaha untuk meringankan beban orang tua.”

4. Bagaimana dengan pendidikan? Apakah Anda punya rencana untuk melanjutkan pendidikan?
Sampaikan apabila Anda memiliki rencana pendidikan dalam 1 hingga 3 tahun kedepan.
Kandidat: “Ya, saya punya rencana dalam 1 tahun kedepan. Saya lulusan kuliah S1 dan berkeinginan untuk lanjut pada jenjang pendidikan S2. Kuliah di pasca sarjana akan meningkatkan, memperdalam dan wawasan saya bertambah luas sehingga bisa mendukung karier saya di masa depan.”

5. Apa keterampilan lain yang Anda miliki?
Sampaikan apabila Anda memiliki ketrampilan lainnya. Berikut contoh jawaban dari Kandidat: “Ya. Saya kursus bahasa Asing yakni bahasa Inggris, bahasa Jerman dan bahasa Tiongkok. Saya juga mengikuti leadership and enterpreneur training selama sepekan yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa di kampus.”

6. Bagi Anda, apa makna dari sebuah pekerjaan?
Kandidat: “Pekerjaan tidak bicara semata-mata tentang karir dan uang. Namun, saya bisa mendapat kesempatan kerja sehingga menambah pengalaman saya sesuai bidang dan kompetensi saya.

Ok sampai disini bagian pertama bahasan tentang cara menjawab pertanyaan seputar data pribadi. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda para fresh graduate untuk menghadapi wawancara pertama Anda.

Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Seputar Data Pribadi

Please Login to Comment.