Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik Dan Efektif

bebas diakses oleh non member & member

LAKUKAN 5 SYARAT DIBAWAH INI

  1. Rapi & Mudah Dibaca
  2. Disajikan Ringkas, Padat & Lengkap
  3. Cantumkan Sertifikasi & Prestasi
  4. Konsistensi Karir
  5. Hindari Kesalahan

Rapi & Mudah Dibaca

Ini adalah syarat utama dari surat lamaran kerja yang efektif. Gunakan huruf dengan ukuran normal dan font (jenis huruf) yang wajar atau yang biasa digunakan untuk hal formal. Perhatikan spasi antar kata agar tidak terlalu rapat serta margin kiri-kanan atas-bawah kertas yang Anda gunakan seragam pada tiap halamannya. Gunakan ejaan bahasa yang benar, baik ejaan bahasa Indonesia atau ejaan bahasa inggris.

Tidak rapinya penulisan surat lamaran kerja dapat berakibat pada hilangnya kesempatan Anda melangkah ketahap berikutnya meskipun Anda memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik.

 

Disajikan Ringkas, Padat & Lengkap

CV menuntut Anda menyajikan informasi secara lengkap. Namun bukan berarti Anda menulis panjang hingga lebih dari 3 halaman. Sajikan informasi dalam beberapa halaman saja, padat berisi dan mencakup semua yang penting tentang diri Anda. Hal ini membantu pihak rekrutmen untuk membacanya dengan lebih singkat.

Pastikan CV Anda memuat informasi berupa data pribadi meliputi foto, nama lengkap, alamat, tempat & tanggal lahir, nomer telepon, alamat email, riwayat latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti, soft skill & hard skill, serta sertifikasi & penghargaan yang pernah Anda dapat.

Cantumkan Sertifikasi & Prestasi

Ini yang menjadi poin plus diri Anda dibanding para pesaing. Sertifikasi & prestasi adalah pembeda dari setiap orang yang melamar pekerjaan. Selain itu, sertifikasi & prestasi adalah bukti dari kemampuan & kompetensi yang sesungguhnya dari Anda. Hal ini merupakan “nilai jual” diri Anda bila dibanding dengan pesaing.

 

Konsistensi Karir

HRD sangat memperhatikan keterkaitan pendidikan, kompetensi dan konsistensi dalam berkarir Anda pada suatu bidang pekerjaan. Ini merupakan satu kunci penting yang menentukan besarnya peluang untuk dihubungi oleh HRD.

 

Hindari Kesalahan

Apabila Anda melakukan kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa, maka hal ini akan membuat Anda mendapat penilaian sebagai orang yang ceroboh. Kemudian hindari penggunaan alamat email yang aneh dan pastikan penulisan alamat email serta nomor telepon Anda benar. Ini dapat memudahkan pihak rekrutmen untuk menghubungi Anda.

 

 

 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik Dan Efektif

Please Login to Comment.