Dua Dokumen Wajib Pada Surat Lamaran Kerja

bebas diakses oleh non member & member

Pemula yang ingin memulai karir wajib mengetahui apa saja dokumen yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja. Ketidaktahuan fresh graduate tentang cara membuat surat lamaran kerja yang benar akan berdampak pada hilangnya kesempatan & peluang.
Surat lamaran kerja yang tidak lengkap, maupun kesalahan dalam penulisan bisa membuat HRD tidak tertarik dengan lamaran kerja Anda. Kini, ketidaktahuan tersebut perlahan akan hilang seiring dengan penjelasan tentang 2 dokumen wajib pada surat lamaran kerja yang wajib Anda ketahui.

  1. Cover Letter
    Cover Letter merupakan surat pengantar dari Curriculum Vitae Anda. Secara umum, cover letter terdiri dari :
    Paragraf pembuka, menjelaskan dari mana Anda tahu informasi lowongan kerja ini? Dan mengapa Anda tertarik dengan lowongan kerja ini?
    Paragraf isi, menjelaskan tentang alasan utama mengapa perusahaan harus memilih Anda untuk menempati posisi tertentu. Dengan kata lain, Anda harus "mempromosikan" diri Anda.
    Paragraf penutup, berisikan ucapan terima kasih, berkas apa saja yang Anda sertakan dan harapan untuk dipanggil wawancara. Dan sertakan pula kontak Anda.
  2. Curriculum Vitae
    Merupakan dokumen yang detail tentang Anda. Biasanya cukup panjang terdiri dari 2 hingga 3 halaman. Saat ini penulisan CV dapat diringkas menjadi 1 halaman padat dengan isi meliputi sebagai berikut:
    • Data pribadi, seperti nama, alamat, tanggal lahir dan nomor identitas (biasanya nomor KTP)
    • Objektivitas ketertarikan Anda dengan lowongan pekerjaan di perusahaan yang Anda tuju.
    • Riwayat Pendidikan, formal & non formal. Biasanya cukup dimulai dari SMA saja. Jadi tidak perlu cantumkan riwayat Anda dari sejak TK.
    • Kemampuan Anda, hard skill apa saja yang telah Anda kuasai.
    • Penghargaan kompetisi & beasiswa yang pernah Anda dapat.
    • Pengalaman organisasi, kegiatan relawan, & tema skripsi yang Anda buat.
    • Pengalaman kerja, job desc serta durasi bekerja di perusahaan sebelumnya.

Gimana? Siap untuk membuat surat lamaran kerja? Eeits, tunggu dulu, simak tips tambahan tentang cara membuat Cover Letter, Resume & Curriculum Vitae (CV)

  1. Cover Letter, Curriculum Vitae (CV), dibuat pada kertas yang berkualitas sama. Usahakan, desain tema nya seragam. Klik ini untuk melihat refrensi desain tema menarik untuk Cover Letter, Resume & Curriculum Vitae (CV)
  2. Tidak harus cetak dengan tinta hitam. Bila Anda menggunakan tema menarik & kreatif namun masih dalam batas kewajaran silahkan.
  3. Periksa ulang tata bahasa dan ejaan kata-katanya. Tata bahasa atau ejaan kata yang salah akan membuat kesan pertama Anda jelek dimata HRD. Periksa semua tulisan dalam dokumen Anda atau minta tolong orang lain untuk cek tata bahasa & ejaan kata-katanya.
  4. Tahap awal lamaran kerja, kamu belum perlu untuk mencantumkan surat refrensi dari dosen atau tempat kerja Anda sebelumnya. Perusahaan akan meminta bila membutuhkan.
  5. Anda pernah mengambil cuti sekolah..? atau cuti kuliah..? Bila ia, coba cantumkan dan berikan penjelasan kegiatan apa yang Anda lakukan ketika cuti sekolah..? atau cuti kuliah..?

Ok, sampe disini tips nya gampang bukan. Nah sebagai bonus untuk Anda silahkan simak pula Video Tutorial Cara Membuat CV Yang Outstanding

Dua Dokumen Wajib Pada Surat Lamaran Kerja

Please Login to Comment.